6 cara mengobati kecanduan gadget

smartphone atau gadget memang bikin manusia lupa sekitar nya. kenapa hal ini terjadi? sebenar nya banyak sekali faktor yang membuat gadget menjadi barang baru yang membuat manusia berubah menjadi kecanduan.

Penelitian Prof Leslie Perlow, PhD yang melibatkan 1600 relawan yang terdiri dari manager dan profesional membuktikan bahwa:

70% relawan mengatakan mereka memeriksa smartphone dalam waktu satu jam setelah bangun.
56% relawan memeriksa ponsel mereka dalam waktu satu jam sebelum tidur.
48% relawan mengecek smartphone selama akhir pekan, termasuk pada hari Jumat dan Sabtu malam.
51% relawan mengecek terus menerus selama liburan.
44% relawan mengatakan mereka akan mengalami banyak kecemasan jika

mereka kehilangan ponsel mereka dan tidak bisa menemukan penggantinya selama seminggu.

Lantas, apa yang harus kamu lakukan untuk menghindari hal tersebut? Inilah beberapa tips yang mungkin bisa kamu gunakan untuk mengatasi kecanduan smartphone.

1. Hindari smartphone di 30 menit pertama setelah bangun dan 30 menit sebelum tidur.

Lebih dari 50% orang dalam penelitian Leslie Perlow mengecek smartphone mereka sebelum dan sesudah tidur. Ketimbang kamu menghabiskan waktu kamu untuk kecanduan smartphone yang paling hanya sekedar cek sosial media atau nge-tweet _ mau bobok nih _ mendingan kamu melakukan hal positif seperti membaca buku, yoga, atau meditasi yang menambah kualitas tidurmu.

2. Buat waktu dan suasana NO PHONE AVAILABLE atau ketiadaannya smartphone dalam kegiatanmu.

Sebenarnya kamu kan punya smartphone untuk memudahkan kamu menghubungi temen ya. Apa jadinya kalau lagi ngumpul tapi kalian malah sibuk sama smartphone di tangannya? Nah coba beri diri kamu dan smartphone tersebut jarak agar kamu bisa tenang melakukan suatu hal tanpa harus diganggu dengan notifikasi. Nggak usah lama-lama. Dua jam sehari udah cukup bikin kamu produktif daripada nunduk kecanduan smartphone terus.

3. Get a life, Bro!! Banyakin sosialisasi sama teman atau keluarga.
hangout

Udah kamu jalan atau olahraga sana sama temen-temen kamu. Ketimbang cuma di dalem rumah. Sumpek kan? Tapi pas jalan nggak usah bawa smartphone. Minimal nggak usah buka-buka smartphone. Biarlah kamu nikmati keseharian kamu tanpa kecanduan smartphone.

4. Jangan lupa tidur gara-gara main smartphone.

Gila loooh! Emang nggak pegel itu mata ngeliatin layar terus? Udah capek sama keseharian kamu belajar atau ngantor, nggak perlu kamu tambahin sama kombinasi smartphone di kasur. Mending tidur buat menghadapi hari esok daripada terus kecanduan smartphone kaya gitu, guys.

5. Gunakan HP dengan fitur standar.
Kalau kamu gatel banget untuk nggak berbaur di media sosial, coba deh kamu ganti HP dengan fitur standar. Paling nggak tetep smartphone tapi kalau yang buka Twitter aja langsung nge-lag. Selain harganya murah, udah pasti kamu bakal bete pakai smartphone itu karena nggak bisa ngapa-ngapain.

6. Bikin batasan waktu untuk menggunakan smartphone.
smartphone in time

Kamu bisa secara bertahap mengurangi pemakaian smartphone. Kalau nggak bisa langsung seharian tanpa smartphone, kamu bisa kok mulai dengan satu jam tanpa smartphone, lalu dua jam tanpa smartphone, sampe akhirnya nggak kecanduan smartphone lagi.

 

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *