kelebihan motor manual dan matic

Kelebihan Motor Manual

Motor manual tarikannya OK, apalagi yang berkopling manual. Kan motor manual ada yang kopling otomatis, tinggal injek gigi aja ga perlu tarik tuas kopling. Ada juga yang tarik tuas kopling dulu buat pindahin gigi. Dua-duanya akselerasinya lebih OK dibanding motor matik. Gk malu-maluin lah.
Motor manual lebih tahan banting dibanding motor matik. Ini terbukti bahwa motor manual jarang bermasalah seperti motor matik. Apalagi kalo menghadapi medan banjir. Meskipun tidak disarankan menerobos banjir dalam kondisi mesin nyala, motor manual lebih bisa diandalkan. Motor manual mudah ngerawatnya. Bisa jadi karena konstruksi mesinnya lebih simpel dan memang teknologinya sudah ada sejak lama.
Bandrol motor manual lebih bersahabat dibanding motor matik, Gan.
Hemat BBM. Nah, ini yang paling penting, Gan! Hehehe

Kekurangan motor manual

Kurang praktis, terutama bagi pemula. Karena laju motor bergantung pada ketrampilan memindah gigi perseneling. Apalagi motor manual berkopling, bisa tiba-tiba loncat tuh Gan kalo pas awal-awal belajar, ehehehe. Ketemu tanjakan dan macet? Wassalam…
Model terbatas. Mungkin karena kurang laku dibanding motor matik, produsen motor seperti males-malesan ngembangin motor manual Gan. Makin ke sini ya pilihannya makin dikit, ga kaya motor matik yang pilihannya bejibun.

Kelebihan motor matik:

Praktis, pake banget. Kan tinggal starter, tarik gas doang udah langsung jalan. Gas rem, gas rem. Udh gitu aja. Apalagi rem ada di tangan semua, ga pake rem kaki. Bisa naik motor sambil ongkang-ongkang kaki… eh, becanda ding. Jangan ya, Gan, bahaya. Kepraktisan ini berasa buat lalu-lintas hari-hari yang macet. Di kondisi jalan yang stop n go, motor matik ini nyaman banget, ga ribet pindah-pindah gigi.
Desain lebih futuristik. Sebenernya poin desain ini subyektif sih, selera orang beda-beda. Kesan motor cewek pada awal kehadirannya, makin ke sini makin hilang seiring hadirnya desain-desain baru motor matik yang lebih macho.

Kekurangan motor matik:

Konsumsi BBM, pastinya motor matik lebih boros dibandingkan dengan motor manual. Koq bisa? Ya karena pasti ada power loss saat pemindahan tenaga dari mesin ke transmisi CVT. Jadi kita perlu puter gas lebih dalem saat akselerasi.

Engine brake gak ada. Apa sih engine brake? Saat ketemu jalan turunan yang curam dan panjang, motor manual bisa dijaga di gigi rendah, jadi laju motor terjaga dan mudah dikendalikan. Motor matik ya hati-hati aja kalo nemu medan turunan yang panjang karena sangat bergantung pada performa remnya aja buat kendaliin motornya. Kalo rem sampe overheat ya biasanya bakal ngelos.

Motor matik tarikannya gak sebagus motor manual. Iyalah, apalagi dibanding motor manual berkopling, pasti berasa banget lemotnya. Perawatan berkala, motor matik emang lebih repot karena harus bongkar motor. Koq bisa? Ya karena mesinnya tersembunyi dibalik dek motor. Bandrol motor matik masih lebih mahal dibandingkan motor manual.

Nah, itu sekilas pengalaman ane, kesimpulannya sih ya masing-masing punya kelebihan dan kekurangan motor-motor ane itu. Buat ane sih yang paling penting ya menjaga performanya dengan menjaga ‘minum’nya Gan. Kan biar dikata udah ga muda lagi juga itu motor-motor yang berhasil ane beli pake keringat sendiri.

Jadi ane istimewain tunggangan ane pake BBM berkualitas, dan pilihan ane jatuh ke Shell V-Power, Gan. Masa iya majikannya kalo ngopi milih-milih, tapi kalo kasi minum motornya sembarangan. Sebenernya alasan ane pilih Shell V-Power buat motor-motor ane sih emang karena ane udah nyobain dan hasilnya ga ngecewain. Tadinya sih pertimbangan ane ada harga ada rupa, tapi pas ane cari tahu lebih jauh tentang apa dan bagaimana Shell V-Power, ane jadi makin yakin kalo keputusan ane selama ini bener.

Oh ya Gan, kalo pas mandi, rajin ngecek bak mandi ga? Kalo pas ngecek dasar bak mandi, bersih apa kotor? Ane yakin sih kotor Gan, ehehe. Nah, bak mandi yang bisa kita liat setiap saat aja gampang jadi kotor, kebayang gak, gimana kondisi ruang bakar motor yang ga bisa kita liat setiap saat? Pasti kotor juga Gan, apalagi kan terjadi pembakaran di situ. Pas gw browsing, ternyata Shell V-Power itu sekarang ada kandungan Dynaflex, yang fungsinya membersihkan deposit kotoran dalam ruang bakar. No wonder motor ane makin ke sini, meskipun umurnya makin tuwir, tetep enak dibejek Gan. Pastinya karena kebersihan ruang bakar terjaga, jadi pembakaran BBM dan oksigen bisa berlangsung optimal.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *